Agama Konghucu berasal dari Cina daratan dan yang dibawa oleh para pedagang Tionghoa dan imigran. Diperkirakan pada abad ketiga Masehi, orang Tionghoa tiba di kepulauan Nusantara.
By Lifin88
#2013
BA XIAN GUO HAI / PA SHIAN KE HAI / DELAPAN DEWA
Oleh: Cinthia

Ba Xian [Delapan Dewa / Pat Shien] adalah Dewa-Dewi Tao yang hidup pada masa yang berbeda dan dapat mencapai kekekalan hidup. Mereka sering dilukiskan pada benda-benda porselen, patung, sulaman, lukisan dan sebagainya.

Dewa-Dewi Ba Xian menggambarkan kehidupan yang berbeda, yaitu Kemiskinan, Kekayaan, Kebangsawanan, Kejelataan, Kaum Tua, Kaum Muda, Kejantanan dan Kewanitaan.

Ba Xian dihormati dan dipuja karena menunjukkan kebahagiaan.

Kisah Ba Xian menunjukkan bahwa kita dapat mencapai kehidupan abadi dalam kebahagiaan, melalui tindakan-tindakan yang tidak mementingkan diri sendiri dan melakukan perbuatan-perbuatan baik.

Mereka adalah :
01. ZHONG LI QUAN
Memiliki nama keluarga Zhongli dan hidup pada masa Dinasti Han, karena itu ia
juga dikenal sebagai Han Zhongli. Zhongli Quan adalah seorang Jenderal dalam
kerajaan pada masa Dinasti Han. Pada hari tuanya dia menjadi petapa dan
mendalami ajaran Tao.Biasa digambarkan sebagai laki-laki gemuk bertelanjang
perut dan membawa kipas bulu yang dapat mengendalikan lautan.

02. ZHANG GUO LAO
Zhang Guolao adalah kepala akademi kerajaan, namun dia mengundurkan diri untuk
menjadi petapa di Gunung Chuang Tiao di Shanxi. Memiliki keledai ajaib yang
dapat membawa dirinya berjalan ribuan kilometer setiap hari. Ketika mencapai
tujuan, dia mengubah keledai tersebut menjadi kertas dan Zhang Guolao melipatnya
untuk dimasukkan dalam sakunya. Untuk menghidupkannya dia membuka lipatan
tersebut dan meniupnya. Kaisar Tang Ming Huang ingin mengangkat Zhang Guolao
bekerja di istana, tetapi dia tidak bersedia meninggalkan kehidupan
pengembaraannya. Setelah dua kali menghadap kaisar, pertapa ini pun menghilang
entah kemana. Sering digambarkan sedang menunggangi keledai secara terbalik.
Simbolnya adalah tempat ikan yang terdiri dari batang bambu dengan tabung kecil
yang muncul di ujungnya. Ia dipuja sebagai pembawa keturunan laki-laki.

03. LU DONG BIN
Seorang sastrawan dan petapa yang mempelajari Tao dari Zhongli Quan. Di tangan
kanannya sering membawa kebutan suci pendeta Tao. Simbol Lu Dongbin adalah
pedang Pembunuh Roh Jahat dan dengan gerakan terbang yang cepat. Sebelum
mempelajari Tao, Lu Dongbin diuji dengan berbagai ujian berat oleh Zhongli Quan,
yang berhasil diatasi semuanya. Lu Dongbin dapat dikatakan sebagai salah satu
Dewa yang paling tersohor dari Delapan Dewa. Ia dianggap sebagai penolong orang
miskin dan pembasmi roh-roh jahat.

04. LI TIE GUAI
Memiliki nama asli Li Xuan dan hidup pada masa Dinasti Sui. Dia melambangkan
cacat dan keburukan. Dia berusaha untuk meringankan beban penderitaan umat
manusia. Li Tieguai memiliki sebuah tongkat besi dan bermuka hitam. Dia membawa
sebuah labu yang digunakannya untuk menolong umat manusia. Suatu hari, ketika
rohnya pergi ke Huashan, dia memberitahukan muridnya, Lang Ling, untuk menjaga
badannya dan membakarnya apabila dia tidak kembali dalam tujuh hari. Dalam hari
keenam, Lang Ling mendapat kabar bahwa ibunya sakit keras dan sebagai seorang
anak dia harus merawat ibunya. Maka dia membakar badan tersebut satu hari lebih
awal. Ketika roh Li Tieguai kembali keesokan harinya, dia tidak dapat menemukan
badannya sehingga dia memasuki badan seorang tua yang baru saja meninggal.Namun,
orang tua tersebut ternyata cacat. Pada saat pertama, Li ingin meninggalkan
badan tersebut, tetapi Lao Zi / Lao Tze membujuknya dengan mengatakan bahwa
penerapan dari ajaran Tao tidak tergantung penampilan. Lao Zi lalu memberi
tongkat besi kepada Li Tieguai. Li Tieguai kadang digambarkan sedang berdiri di
atas kepiting atau ditemani seekor menjangan.

05. CAO GUO JI
Hidup pada masa Dinasti Song dan merupakan putra dari Cao Bin, seorang komandan
militer, dan saudara laki-laki dari Ratu Cao Hou, ibu dari Kaisar Yin Zong. Cao
Guojiu digambarkan memakai jubah kebesaran dan topi pengadilan. Di tangannya ada
kertas catatan kerajaan dan sepasang alat musik kastanyet. Suatu hari Zhongli
Quan dan Lu Dongbin bertemu dengannya dan menanyakan apa yang sedang dia
lakukan. Dia menjawab bahwa dia sedang belajar Tao. "Apakah itu dan dimanakah
itu?", mereka balik bertanya. Pertama-tama dia menunjuk ke langit dan kemudian
ke hatinya.

06. LAN CAI HE
Sering ditampilkan berpakaian biru dengan tidak bersepatu. Sambil melambai-
lambaikan sepasang tongkat, ia mengemis sepanjang jalan. Lan Caihe terus menerus
membacakan syair-syair yang menggambarkan kehidupan yang tidak kekal beserta
kesenangan-kesenangan yang hampa. Ia berkelana ke seluruh negeri sambil menyanyi
dan membawa keranjang bunga. Lan Caihe terkadang terlihat seperti wanita.

07. HAN XIANG ZI
Han Xiangzi melambangkan masa muda. Dia adalah keponakan dari Han Yu, seorang
menteri pada pemerintahan Kaisar Hsing Tung dari Dinasti Tang. Simbolnya adalah
sebuah suling. Seorang pecinta kesunyian, mewakili orang ideal yang senang
tinggal ditempat alamiah. Han Xiangzi sering menyusuri desa sambil meniup
seruling dengan merdu sehingga menarik perhatian burung-burung dan binatang
lainnya. Han Xiangzi tidak mengenal nilai uang dan bila diberi uang akan dia
sebarkan di tanah.

08. HE XIAN GU
Satu-satunya wanita diantara Delapan Dewa. Berpenampilan halus dan lemah lembut,
dan sering terlihat membawa bunga teratai yang dapat dipakai untuk mengobati
orang sakit. Kadang-kadang dia digambarkan berada di atas kelopak teratai yang
terapung sambil memegang pengusir lalat.
Attachments
(69.44 KiB) Downloaded 406 times
By ideacenter
#2586
wah ane baru tahu kalo ada 8 dewa yang ada di dalam agama konghuchu , ane cuma sekedar me riview mengenai konghucu sih ,, ane sih islam , menurut ane cukup menarik kalo ada dalam cerita berbentuk fiilm :roll:
By Lifin88
#2608
ideacenter wrote:wah ane baru tahu kalo ada 8 dewa yang ada di dalam agama konghuchu , ane cuma sekedar me riview mengenai konghucu sih ,, ane sih islam , menurut ane cukup menarik kalo ada dalam cerita berbentuk fiilm :roll:
Utk dewa2 sich lebih condong ke konghucu, tao jg termasuk.. cm orang2 lebih kenal konghucu ketimbang tao sepertinya :D kl vihara di indo Kebykan penggabungan antara konghucu / tao n buddhisme...
Ada kok filmnya :D cuma uda lama sekali... :D
By octafiani
#4680
Hi lifin , pernah dengar tentang papa nya dewa erl lang ga? Akhirnya dia jadi dewa ga ya? Trims
By little star
#6491
:034: wih baru aja aku baca tentang bunga teratai merah muda sebelum baca artikelnya mod lifin disini..
:029: iseng iseng baca ,eh ada salah satu dewa yang memilki kaitannya dengan bunga teratai. :007: terlalu kebetulan banget ... bunga teratai merah muda,simbol kemurnian ,kesucian,keilahian,cinta,bela rasa,pencerahan,kemakmuran,kesehatan,kesatuan segala makhluk.transformasi diri dan kehidupan abadi. " Barangsiapa melakukan kewajibannya tanpa terikat pada apa yang dilakukannya,melainkan memasrahkan segala hasilnya pada Tuhan Yang Maha Agung,dia tidak terpengaruh oleh tindakan yang berdosa,bak bunga teratai tidak tersentuh oleh air." (Bhagavad Gita 5:10 )

tiap kali lihat bunga teratai selalu mengingatkanku dengan game online sebelum pensiun,acc ku punya class lotus tugasnya healing :dft002:
By Lifin88
#6795
little star wrote::034: wih baru aja aku baca tentang bunga teratai merah muda sebelum baca artikelnya mod lifin disini..
:029: iseng iseng baca ,eh ada salah satu dewa yang memilki kaitannya dengan bunga teratai. :007: terlalu kebetulan banget ... bunga teratai merah muda,simbol kemurnian ,kesucian,keilahian,cinta,bela rasa,pencerahan,kemakmuran,kesehatan,kesatuan segala makhluk.transformasi diri dan kehidupan abadi. " Barangsiapa melakukan kewajibannya tanpa terikat pada apa yang dilakukannya,melainkan memasrahkan segala hasilnya pada Tuhan Yang Maha Agung,dia tidak terpengaruh oleh tindakan yang berdosa,bak bunga teratai tidak tersentuh oleh air." (Bhagavad Gita 5:10 )

tiap kali lihat bunga teratai selalu mengingatkanku dengan game online sebelum pensiun,acc ku punya class lotus tugasnya healing :dft002:
Sorry br balas... :-)) bunga teratai tumbuh di kolam berlumpur dan kotor, tp dia tetap menghasilkan bunga yang indah dan bersih. Sama seperti kehidupan manusia, berada di dunia yang penuh kekotoran dan berusaha mencapai titik termurni dalam hidup.