Forum ini sama saja dengan Blog / Diary, yang bisa di isi setiap hari kegiatan kamu, ayo buat Thread disini, mau nulis puisi, atau sekedar berbagi ceritamu sehari-hari bebas saja.. dan asyiknya bisa di komentarin oleh member KI lainnya :)
By Explore
#12901
Bagaimana cara mudah mendapat ketenangan batin?

Sebelumnya Maap ya pertanyaan ini nda ada sangkut pautnya dengan indigo. Tapi saya yakini orang2 indigo ini adalah orang2 bijak yg berjiwa oldsoul dan bisa membantu saya <3
#12915
Tunaikan semua perintah agama dan jauhi yang dilarang serta perbanyaklah berbuat baik dengan sesama manusia, binatang dan tumbuhan. Itu kuncinya untuk mendapatkan ketenangan dunia dan akhirat
By MhD
#12996
Ketenangan batin ya...hahaha..itu kompleks..2 bagian tubuh manusia yang mengendalikan soal rasa : hati dan pikiran, 1 lagi yang tersembunyi adalah jiwa..mengapa tersembunyi? Karena soal jiwa ini susah untuk dipahami, tetapi bukan berarti tidak bisa dipahami..soal jiwa ini tentang pengenalan akan hakikat, perlu waktu dan pembelajaran untuk mengenal..saya masih percaya manusia memiliki hakikat jiwa yang baik..

Berdasarkan pengalaman saya, ketenangan batin tidak hanya sekedar menuruti perintahNya dan berbuat baik..mungkin jika saya terjemahkan dengan bahasa saya, saya memilih membahasakan : berbakti pada Sang Hyang Acintya (Tuhan), dan berbuat yang tepat (tidak hanya baik) ..

Tetapi untuk mudahnya memahami saya mengenal tiga hal : berpikir yang benar, berkata yang jujur, berbuat yang baik..
#14984
Cara mendapatkan ketenangan bathin buat saya yg masih belajar menjalankan sampai sekarang adalah dengan menjadi bahagia. Bahagia dengan apa yang saya dapatkan dan miliki, bahagia saat keadaan sedan baik atau buruk karena bersabar, ikhlas dan tawakal, bahagia saat diperlakukan baik maupun buruk oleh orang lain, bahagia yan berkepribadian dan bukan sekedar ikut2an dan utamanya adalah bahagia karena kebahagiaan sejati datang dari dalam diri dan bukan dari entitas lain diluar diri ini. Kebahagiaan yang terinspirasi oleh, teruntuk dan berasal dari Ilahi.
#14993
Makanya saya bilang bahagia yang berkepribadian dan berasal dr dalam diri tanpa pengaruh dari entitas luar, bahagia dari krn dan untuk ilahi. Maksud dari bahagia yang berkepribadian dan bukan ikut2an, saat keadaan buruk tetap mencari kebaikan dari situasi tsbt dan bersyukur, saat merasa dizolimi orang lain tetap bisa memilih berbuat baik drpd jadi ikut2an berbuat buruk kpd yg berbuat zolim sm kita. Krn bagaimanapun hukumnya jelas untuk orang2 yg menjadikan diri mereka sebagai cobaan bagi orang lain. Bisa jadi pagar diri dan ladang bersyukur bahwa kita ngga begitu ke org lain. Bahagia itu sederhana karena adanya didalam dan bukan diluar. Pernah tau peribahasa, "tidak ada yang bisa menyakitiku tanpa persetujuanku"? Kurang lebihnya seperti itu salah satu bentuk dari kebahagiaan diri. Saat dijahatin orang akan terasa tidak bahagia kalo kita mengijinkan diri kita merasa tidak bahagia tp kalo kitanya menganggap hal itu biasa aja, ringan, maka ngga akan merasa tersakiti dan ngga bahagia. Kurang lebihnya gitu.
By MhD
#14994
Lho kan. Kalimat pertama itu jadi contohnya :). Betapa mudah pikiran dan rasa terletup.

Tahu artinya tenang ? Gampangannya seperti air yang menggenang tapi tak bergerak, entah sudah campur apa saja dech. Kontradiksi dari tenang adalah tidak tenang, ketika air pada genangan itu bergerak sedikit artinya tidak tenang. Sebabnya banyak faktor, ada getaran, ada angin, atau digerak2kin sama anjaniey. Faktor dari luar maksudnya yang di kalimat sebelum ini tadi. Semestinya walaupun ada kesedihan, ada duka, ada rasa ingin menyerah, ada rasa senang, ada bahagia, ada rasa cinta banget, ada amarah, batin itu tetap tak terpengaruh, ia tenang, tidak berubah.

Salam anjaniey. :)
#14995
Sepertinya kita berbeda dalam memaknai 'kebahagiaan' ya? Hehe. Gpp. Saya setuju bahwa batin itu harus tetap tenang dan tidak terpengaruh, tapi tidak berarti stagnan/diam. Karena bagaimanapun ketenangan batin akan memperlihatkan dirinya atau bergerak keluar ke permukaan. Analoginya buat saya bukan seperti danau dgn air yg menggenang tenang tapi air sungai dengan arus yang konsisten dr sumber mata airnya meskipun kadang ber-riak tp tidak mempengaruhi konsistensi arus dan apalagi mempengaruhi sumber mata airnya.

Salam,

Anjani
#15088
Pencarian ketenangan batinku saat ini mungkin berhubungan dengan mimpi yg saya alami beberapa tahun yg lalu. Klo saya ingat2 sekitar tahun 2006-2009 mimpi ini terulang dua kali.

Di mimpi itu saya ada di dalam candi sedang mengamati ular berukuran besar. Di dalam saya ditemani seorang wanita. Wanita itu mengenakan pakaian orang jaman dulu sejenis kemben. Saya dan dia sedang mengamati ular tersebut. Yang saya ingat di dalam ada arca seperti arca kendedes.

Teringat lagi di tahun 2016 karena hobi spiritual dan mengunjungi candi. :)