Diskusi untuk para orang tua yang memiliki putra-putri dengan kemungkinan positif indigo.
#4352
Sebelumnya saya pernah mensharing artikel ini di diskusi umum indigo (viewtopic.php?f=18&t=366), mungkin akan lebih cocok bila di posting kesini..

Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Humanis)

Sebagai orang tua anak adalah anugerah Tuhan terbesar dalam hidup. Dalam mendidik anak hal yang tidak boleh dilewati adalah mendidik diri sendiri sebagai orang tua, sebagai orang yang dewasa dan sebagai individu manusia. Dengan memiliki dan mendidik anak orang tua belajar untuk meningkatkan ilmu dan pengetahuan untuk bisa saling berbagi dalam pertumbuhan iman, mental, moral dan spiritual

Perjalanan hidup bersama anak adalah sebuah petualangan, seperti perjalanan di jalan setapak melalui semak-semak dan pepohonan di mana kita tidak bisa mengantisipasi apa yang ada di depan kita. Saling berbagi kepada orang yang kita percaya dalam pertumbuhan iman, mental, moral dan spiritual adalah suatu pengalaman yang luar biasa.

Kita sudah mengenal 4 tipe anak indigo dimulai dari tipe Indigo Humanis, tipe ini memiliki kemampuan verbal yang sangat baik. Sebagai anak-anak, mereka akan menghambur semua mainannya di lantai, tidak bisa hanya bermain hanya dengan satu mainan, kadang juga hanya menghambur semuanya tanpa dimainkan. Orang tua akan sering menemukan mereka sedang membaca dibanding bermain atau membereskan kamar. Aktif secara fisik, terkadang tidak menyadari keberadaan dinding dan pintu, suka bergerak seakan tidak ada yang membatasi bahkan menabraknya. Seakan terbatasi oleh tubuhnya dengan terlihat hiperaktif.

Orang tua membantu indigo tipe ini untuk berkosentrasi karena mereka sangat mudah terganggu dengan apa pun yang ada dihadapannya. Pengalaman seorang ibu yang memiliki anak indigo tipe humanis umur 3 tahun sedang rewel ketika berada di dalam pesawat, sang ibu memberikan pamflet keselamatan dalam pesawat anak itu segera duduk dan membukanya untuk melihat gambar seakan-akan dia bisa membacanya dengan mimik yang serius, sangat intens. Profesi dokter, pengacara, guru, pebisnis, politikus dan salesman cocok bagi mereka

Mengarahkan mereka untuk fokus adalah suatu tantangan karena bisa tiba-tiba berubah. Musik adalah cara yang baik untuk menenangkan tipe indigo humanis. Beri kesempatan lebih luas bagi mereka untuk bersosialisasi, beli banyak buku untuk hobi membacanya dan membantunya dalam belajar. Alih-alih memberi penilaian, pahamilah cara komunikasi yang mungkin terlihat berbeda dengan cara dan di usianya

Dalam mengenal, menghadapi dan mendidik Anak Indigo Tipe Konseptual bisa membaca di posting selanjutnya >>
#6020
Junabel wrote:@mod Lifin: request edit donk, artikelnya double (yang bawah sama dengan yang atas)... sampe kepikiran sendiri: ini yang baca udah "nyanyok" (pikun) atau yang nulisnya yg nyanyok ? :022: V(^_^)
Hahaha... mungkin waktu copas ke double ... thank you ko jun:salaman
#8138
Baby kecil saya, di usianya yg ke 16 bulan, punya ciri2 seperti di atas. Sangat tertarik dengan buku, sering terlihat 'membaca' dengan serius seperti mnegerti saja.
Jalannya juga seperti yg disebut, cendrung tidak hati2 dan santai saja kalau nabrak atau jatuh, kecuali sakit sekali baru nangis.
Interaksi dengan orang sekitar juga baik, seperti paham dan nyambung kalau diajak bicara dan paham instruksi sederhana. Belajar dengan cepat pasti dan manja, sensitif dan empatinya besar.
Apakah ini umum pada usia tesebut (saya tidak punya pembanding dengan bayi sebaya dia) atau termasuk indikasi indigo?
#8174
Justwrite: ciri2 indigonya ada anakmu. Coba kita lihat beberapa tahun lagi apa dia menanyakan hal2 yang ngga umum ditanyakan anak2 sebayanya yah. Sebagai pengejawantahan dari perhatian, keingin tahuan dan kepekaan yang lebih yang jika diasah asih asuh dengan baik akan menjadikan empati yang baik jg. Karena kalo asah asih asuhnya ngga baik bisa menjadikan anak indigo menjadi pribadi yang luar biasa ignorant thdp sekitarnya. Ngga ada nanggung

Salam,
#8190
Makasih jawabannya :)
Mulai sekarang saya akan lebih peka dengan perkembangan si baby..supaya apa yang udah dikasih ke dia sama Tuhan ngga sia2 karena salah pola pengasuhan..
Selamat tahun baru semua, semoga segala sesuatu baik ditahun ini dan kita semua selalu dalam pertolongan Nya
:) <3
#8202
Justwrite: Jangan heran jangan kaget, akan tiba masanya nanti dimana manusia2 yg skrg terkategorikan indigo menjadi mayoritas dan manusia2 yang terkategorikan 'normal' menjadi langka. Manusia2 yang tergolong adi manusia, yang secara spiritual dan moral jauh lebih dr manusia2 terdahulu. Manusia2 yang terkategorikan indigo yang terdahulu hanya sebagai pembuka jalan dan mempersiapkan dunia dalam masa transisinya demi menyambut manusia2 indigo masa depan. Jd jangan memaksa anak2 mu yang terkategorikan indigo untuk berubah atau menjadi normal. Justru kita2 manusia purba yang harus banyak belajar dr mereka. Meskipun didikan akan disiplin sangat penting untuk mereka. Ajari mereka disiplin krn salah satu kekurangan mereka ya disiplin itu pdhal itu penting dalam segala lini kehidupan.

Salam sejahtera,
#8209
Baca reply anjaney saya jadi seperti ditegur karna salah satu kelemahan saya memang lack of discipline dan otomatis jadi salah satu kelemahan parenting saya karna masalah konsistensi. Walaupun belum bisa dipastikan apakah anak saya seorang indigo tapi ini hal yg sangat perlu diperbaiki bagi saya.
Thank you advicenya, anjaney..kenapa bisa pas sekali yah :malu