Diskusi untuk para orang tua yang memiliki putra-putri dengan kemungkinan positif indigo.
#4353
Sebelumnya saya pernah mensharing artikel ini di diskusi umum indigo (viewtopic.php?f=18&t=366), mungkin akan lebih cocok bila di posting kesini..

Minggu, 16 Maret 2014

Parenting: Mengenal, mengahadapi dan mendidik Anak Indigo (Tipe Konseptual)

Konseptualis, sang sumber pemikir yang tenang, bermental dan fokus. Berbeda dengan tipe humanis yang suka dalam kelompok besar manusia, tipe konseptual cenderung menghindarinya lebih suka menyendiri. Mereka berorientasi pada proyek, mampu mengerjakan banyak proyek sekaligus. Lebih mengutamakan kepala dibanding hatinya, pemikir yang keras. Disarankan tipe ini hidup dalam lingkungan yang memiliki rutinitas, pola dan tugas yang terstruktur. Sedari kecil memiliki kemampuan atletik yang kuat sebagai penyeimbang kemampuan berpikirnya yang keras.

Masalah kontrol dalam otoritas yang ada akan sering timbul dalam relasi dengan lawan jenis, terutama terhadap orang tua mereka yang berlawanan jenis. Mereka rentan terhadap obat dan perilaku adiktif, mereka sangat mudah untuk kecanduan dan orang tua harus waspada untuk hal ini. Orang tua perlu memonitor orang-orang yang bekerja sama dengan mereka dan mengarahkan pada kecanduan yang sehat.

Tipe konseptualis tidak keberatan sendirian atau bekerja sendirian. Biasanya mereka lebih menyukainya karena mereka bisa tetap mengendalikan proyek mereka dan tidak bersedia mengambil risiko orang lain ikut campur dalam hal kualitas atau waktu. Organisasi yang sistematis seperti militer atau birokrasi cocok bagi mereka, sangat stabil dan metodis dalam pekerjaan mereka. Mampu berjam-jam dan kerja keras untuk proyek mereka sebagai bentuk adiktifnya. Berbeda dengan humanis, mereka jarang hiperaktif dan mereka menikmati ayunan energi lebih sedikit daripada yang lain.

Mereka percaya bahwa memegang kendali adalah cara terbaik untuk menjaga integritas proyek atau usaha mereka. Stres terjadi ketika mereka merasa bahwa mereka telah kehilangan kendali atas proyek mereka atau berada dalam situasi di mana mereka harus memberikan hasil yang lebih rendah. Manajemen stres bagi mereka berarti kembali ke proyek mereka sendiri atau bermain video game, pengalihan pada bentuk adiktif yang lain. Lego adalah mainan yang ideal bagi tipe indigo konseptual, mereka bisa menjadi insinyur, arsitek, desainer, astronot , pilot dan perwira militer yang luar biasa.

Setelah mengenal tipe humanis dan tipe konseptual yang saling berlawanan selanjutnya mengenal tipe seniman yang peka >>
#8687
Pinokio: kalo menurut Dr. Tubagus Erwin, indigo itu ngga masuk dalam klasifikasi penyakit dari WHO jadi bukan sesuatu yg harus disembuhkan. Itu kata guru besar psikologi sih. Tp mungkin Pinokio ternyata lebih tau daripada seorang guru besar, ya?

Kebanyakan ahli psikologi anak sekarang ngga menggunakan terms indigo untuk menyebut anak2 dengan kemampuan atau dengan ciri indigo tp menggunakan terms anak berotak kanan. Karena mereka memang lebih dominan menggunakan otak kanan dan tantangan terbesarnya anak2 berotak kanan itu adalah harus hidup diantara mayoritas manusia dominan otak kiri, dimana sistemnya dibuat dan dijalankan oleh orang2 sebelumnya yg mayoritas dominan otak kiri.

Gw jg ngga paham betul sih, tp gw yakin Tuhan Maha Besar menciptakan otak dengan segala kompleksitasnya. Dimana penelitian ilmiah mengatakan bahwa manusia pd umumnya menggunakan hanya maksimal 20 persen dari kapasitas otak mereka, membuat 80 persen kapasitas otak yg lain tidak terambah dan buah dari penggunaan dr 80 persen kapasitas otak sisanya itu jg belum bisa dipastikan. Ciri2 anak yg disebut indigo/dominan otak kanan mungkin adalah satu terobosan baru observasi demi mengungkap hal itu. Semua berkaitan dengan syaraf dan sel.

Coba kita jangan menghakimi dulu sebelum tau benarnya yuk.

Salam,

Anjani