Diskusi untuk para orang tua yang memiliki putra-putri dengan kemungkinan positif indigo.
#4969
Komunitas AYAH EDY
10 hrs · Edited ·

YUK COBA TES OTAK KIRI DAN KANAN KITA MANAKAH YANG LEBIH DOMINAN RESPONSENYA ?
(Saya sudah mencobanya dan sepertinya cukup mendekati apa yang saya alami)

Noted:
Buku Anak otak kanan di dunia yang berotak kiri penting untuk dimiliki setiap orang tua yang anaknya dominan otak kananya, karena memuat cara dan langkah membantu anak kita menyesuaikan dengan sistem sekolah dan dunia yang berotak kiri.

SEBELUM COBA TESNYA coba Baca dulu artikel ini ya....
nanti test nya ada di bagian paling bawah artikel ini.

Apa benar anak saya mengindap kelainan Dyslexia, Tidak bisa konsentrasi, Hiperaktif, Learning Disable..?

Satu hari saya pernah ditanya, Ayah Edy Apasih artinya Anak Otak kanan itu...?
Mungkin lebih tepatnya adalah anak yang secara naluriah lebih dominan menggunakan otak kanannya.

Berdasarkan temuan dalam bidang sains otak diketahui bahwa otak berpikir manusia terbagi atas belahan otak kiri dan kanan. Masing-masing belahan memiliki kemampuan yang berbeda dan saling melengkapi.

Mirip seperti tangan kita ada kiri dan ada kanan. Ada sebagian orang yang lebih dominan menggunakan kiri atau yang sering disebut sebagai anak kidal, ada yang dominan kanan tapi ada juga yang seimbang.

Otak juga sama dengan tangan dalam proses bekerjanya dia selalu bersama-sama saling melengkapi, hanya tetap saja ada yang sedikit lebih dominan dari lainnya. Persis seperti tangan kita.

Karena selama ini yang kita ketahui hanya kemampuan dan sifat-sifat otak kiri, maka standar ke-normalan berpikir seorang anak pun didasarkan pada cara bekerjanya otak kiri.

Sebelum para ilmuan otak menemukan ini kira-kira 20 tahun yang lalu, maka anak-anak yang cenderung dominan otak kanan sering dikategorikan bermasalah.
Padahal sesungguhnya mereka bukan bermasalah melainkan memiliki sifat-sifat yang lebih di dominasi otak kanannya.


bersambung...

https://www.facebook.com/permalink.php? ... ry_index=0
#4970
Mari kita perhatikan ciri-cirinya:
1. Sulit mengikuti pelajaran disekolah.

2. Terlambat bicara dibandingkan anak seusianya

3. Pada awal-awal sering lebih kuat tangan kiri (kidal)

4. Jika berbicara tidak runtut dan sistematis dan sulit dipahami maksudnya.

5. Persaannya sangat sensitif/peka atau terkadang emosional

6. Sulit mengungkapkan keinginannya dalam bentuk kata/kalimat atau sulit menyusun kalimat untuk mengungkapkan perasaannya.

7. Cepat hafal tempat/lokasi, tanda-tanda dan rute perjalanan kesatu tempat yang pernah dikunjungi meskipun hanya sekali.

8. Sering bicara tidak nyambung dengan pertanyaan.

9. Kadang suka berkhayal dan bicara sendiri menceritakan fantasinya

10. Kadang bercerita ke satu tempat yang sebenarnya belum pernah di kunjunginya seolah-olah seperti nyata.

11. Konsentrasi rendah pada pekerjaan yang kurang disukainya/diminta oleh gurunya, akan tapi sangat tinggi pada hal-hal yang menarik perhatiannya.

12. Sering membuat cara baru dalam menyelesaikan tugas/soal-soal dan kurang suka cara yang di ajarkan oleh gurunya.

13. Lebih suka permainan rangcang bangun seperti lego dsb.

14. Suka keluar dari kelompok dan melakukan aktivitasnya sendiri.

15. Sebagian ada yang sudah tahu membedakan jenis-jenis benda; seperti merek mobil, jenis pesawat dsb. dalam usia yang relatif sangat dini

16. Sulit diajari mengeja suku kata atau menulis

17. Waktu kecil sulit membedakan huruf d dengan b membedakan kiri atau kanan

18. Jika menulis huruf sering terbalik anatara W dengan M atau E dengan 3

19. Sulit mengerjakan soal-soal matematika logika/rumus-rumus

20. Sebagian lagi sulit mamahami maksud dari soal cerita matematika kecuali diberikan contoh analogi/perumpamaan dengan menggunakan alat bantu benda-benda, seperti lidi, korek api, kue tar yang di potong2 dsb. Atau dengan ilustrasi gambar dan garis untuk menjelaskannya.

21. Sering memandang ke atas dan terlihat seperti melamun/bengong

22. Kurang suka mencatat dan lebih suka memenuhi bukunya dengan gambar disana-sini.

23. Sering membaca melompat dan beberapa kata tertinggal atau terlompati

24. Jika sudah mengenal huruf/angka, ia mampu membaca urutan huruf/angka dari belakang atau dengan urutan terbalik dengan cepat & tepat.

25. Terkadang memiliki kemampuan Six Sense (Indera ke enam) merasakan apa yang orang lain pada umumnya tidak bisa merasakan atau melihatnya.
#4971
Para orang tua dan guru yang berbahagia....
ciri-ciri tersebut sebagian ada yang mirip dengan anak anda di rumah, jangan khawatir, anak anda sama sekali bukan bermasalah melainkan lebih dominan otak kanannya. Yakni anak-anak yang memiliki keunggulan dalam bidang Imajinasi, Desain, Rancang bangun, dan para pencipta baik dibidang sains atau dibidang seni.

Bagaimana cara mengelolanya agar ia bisa mencapai potensi unggul yg dimilikinya??
Jawaban lengkapnya ada pada buku yg berjudul : Anak yg berotak kanan di dunia yg berotak kiri ditulis oleh Jefrey Fred & Laurie Parson, di terbitkan oleh Karisma Publishing di dapat di Toko Buku Karisma di kota anda atau pesan melalui ayah edy on line shopping caranya di jelaskan di artikel paling bawah.

Anak yang dominan otak kanannya bukan berarti otak kirinya tidak bekerja sama sekali, kedua otaknya sama2 bekerja namun ada sisi yang lebih kuat dari kedua otaknya dan itulah yang seringkali menjadikan ia berbeda dengan anak-anak yang dominan otak kiri seperti pada umumnya.

Sayangnya karena dunia pendidikan kita hanya mengenal anak yang dominan otak kiri, jadi sering kali anak2 yang dominan otak kiri di katakan sebagai anak normal sementara anak yang dominan otak kanan di anggap tidak normal dan perlu di terapi agar bisa menjadi seperti anak2 yang dominan otak kiri.
Padahal mereka berdua sama2 normal, hanya yang satu normal untuk menjadi anak2 yang akademis dan bekerja di bidang management, sementara anak yang dominan otak kanan adalah juga anak normal yang non akademis dan bekerja di bidang-bidang seni dan kreatifitas.

Untuk mengetahui apakah kita orang tuanya dominan otak kiri atau otak kanan maka komposisi perbandingan masing-masing bisa di tes dengan cara yang sederhana sebagai berikut ini; saya sudah mencobanya dan kok sepertinya sesuai dengan apa yang sy alami sehari-hari.

Selamat mencoba,
Salam syukur penuh berkah.
-ayah edy-

http://www.ayahkita.blogspot.com
Silahkan klik untuk mencobanya:
http://memorado.eu/yourbetterhalf
JIKA INGIN MEMBELI BUKUNYA ?
Bukunya bisa di beli secara on line malalui : https://www.facebook.com/NBTravelnTour
Caranya:
1. Klik link tsb di atas
2. klik like *untuk yg belum tergabung
3. klik *gambar amplop atau inbox di sudut kanan atas
4. Tulis nama dan buku2 yg di pesan
5. Akan di infokan harga buku berikut onkirnya.
Silahkan unduh talkshow parenting ayah edy 100% Gratis:
Tinggal Klik salah satu link berikut ini:
1. http://www.ayahedy.tk
2. https://onedrive.live.com/
3. via fb: https://www.facebook.com/groups/548259441862337/files/
Image
#6015
:D sering membaca melompat... itu karena buku yang saya lihat tidak membuat saya begitu tertarik :007: ... seseorang yang melihat saya membaca buku pasti suka bertanya,wah cepat sekali baca bukunya udah di tengah halaman sambil terkejut ... yah saya jawab aja,lah emang saya buka mulai dr tengah :D . kadang saya baca buku dari belakang dulu baru ke depan :007: .. sering ke tengah terus ke depan baru balik tengah lagi ke belakang :029: ...

jika saya sudah tertarik dengan sesuatu hal,pasti saya bakal kejar sampai dapat... pernah main di game online ada kuis trivia,itu pertanyaan ttg pengetahun seputar dunia.. jujur saya bhs linggis pas pasan,mau belajar trivia dengan pertanyaan 200 satu kali putaran :007: .. hari ini gak bisa masih ada hari esok untuk menahklukkan nih kuis... akhirnya saya bisa menjawab pertanyaan 200 dengan waktu hanya 8 mnt :D :D aje gile,yang ngajarin saya trivia tuh bingung bingung,di final trivia saya selalu dpt title no.1 trivia, terima kasih buat yang sudah mengajarin saya trivia :D :D jasamu tiada tara... :salaman
By anjaniey
#6144
Ngga beda jauh ya sama anak indigo? Hehe atau sebenernya adalah sebuah mispersepsi dari sesuatu yang sama?
Adek sepupu gw umur 6 tahun sempat observasi di ayah edi selama dua minggu. Cirinya persis sama dengan yg diatas dan hasil observasinya jg menyebutkan dia dominan otak kanan. Selain drpd six sense merasakan atau melihat, dia jg mampu telepati (bukan sebagai receiver tp sender), setiap kali dia pengen sesuatu dan orang tuanya ngga kasih, tinggal tunggu aj, tetiba pasti ada yg datang memberikan apa yg dia mau. Seringkali dalam selang waktu hitungan menit, dia seringkali tau kejadian2 yg terjadi disekeliling saat dia tidur atau saat dia ada ditempat lain. Kalo ditanya tau drmn, dia jawab 'aku lihat dari atas'. Dia bisa lihat kejadian yg terjadi di tempat lain yang jaraknya jauh diwaktu yg bersamaan tanpa dia harus astral atau lainnya, kadang2 sambil dia main, mandi dll, dia sambil cerita apa yg terjadi kepada sanak keluarga disaat bersamaan di kota yang beda. Dia suka bilang sama ibunya, 'mami, kalo malem kan mami pikir aku bobo, pdhal aku ngga bobo loh mami, aku tuh jalan2 keluar.' Sementara ibunya bingung krn tiap malem itu anak tidur sama dia. Dia bisa maju bisa mundur. Dimulai dari usia 4 tahun.
Dia ngga dibilang indigo sih, tp anak dominan otak kanan. So which one is it? Mana yang sebetulnya term yang dimispersepsian? Anak otak kanan atau anak indigo? Sbetulnya sama atau beda?